Friday, October 7, 2011

Mengenal Google Sites - 2

Tutorial kali ini akan membahas bagaimana membuat halaman pada google sites. Setelah sebelumnya sudah membuat situs di google sites yang ada pada tutorial mengenal google sites – 1.
Pada google site , halaman situs dibagi menjadi beberapa bagian , seperti dikutip dari google support ( http://www.google.com/support/sites/bin/answer.py?answer=98216) dibagi sebagai berikut :

  • Web page / halaman web
    Sebuah halaman web adalah jenis paling sederhana dari halaman, Anda dapat menulis konten, gadget embed, dan mengaturnya namun Anda suka. Halaman web memiliki kontrol format standar seperti tebal, miring, dan garis bawah, peluru, dan banyak lagi. Anda dapat melampirkan dokumen dari hard drive Anda ke bagian bawah halaman, dan Anda dapat membiarkan kolaborator situs lain komentar pada halaman Anda. Google Sites berkala menyimpan versi halaman Anda saat Anda membuat suntingan, sehingga mudah untuk kembali ke versi sebelumnya dari halaman untuk membuat perbandingan atau membatalkan perubahan.
  • Announcements / pengumuman
    Sama seperti blog, halaman pengumuman menampilkan posting yang Anda buat ke halaman dalam urutan kronologis, dimulai dengan yang paling terbaru. Sebagai contoh, sebuah halaman pengumuman akan menjadi besar untuk menjaga catatan catatan rapat mingguan, sambil memberikan akses cepat ke info pertemuan terakhir.
  • File cabinet / lemari arsip
    Berkas halaman lemari membiarkan Anda menyimpan dan mengatur file dari hard drive komputer Anda, sehingga cara mudah untuk berbagi file dengan pengguna lain dari situs Anda. Siapapun berlangganan ke halaman akan diberitahu ketika file ditambahkan, diubah, atau dihapus.
  • List page / daftar halaman
    Daftar halaman memungkinkan Anda membuat dan mengatur daftar informasi. Item pada daftar tersebut yang mudah untuk menambah, mengedit, dan menghapus, dan pemirsa dapat memilah daftar dengan setiap kolom. Seperti halaman lemari arsip, pelanggan akan diberitahu ketika item ditambahkan, diubah, atau dihapus.

Untuk membuat halaman baru :
  • setelah anda pada login pada google sites anda , clik tombol “create page”
  • kemudian pilih tipe halaman yang diinginkan
  • jangan lupa untuk mengatur level halaman , apakah pada posisi top atau subpage
Untuk menghapus halaman :
  • pergi ke halaman yang akan dihapus
  • klik menu "more option"
  • pilih "delete page"
catatan : halaman yang dihapus masih tersimpan pada menu "more option-->manage site--->deleted page"
sekian dulu tutorial ini, semoga bermanfaat :D

artikel lengkap dapat anda lihat di : ilmuti.com

No comments: